LAYANAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Balongan)

  • Iis Arifudin Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • FELIA AGRIANI N.P.S
Keywords: Layanan guru BK, Motivasi Belajar, Siswa Broken Home

Abstract

Layanan guru bimbingan konseling merupakan upaya preventif agar siswa tidak berada di jalan yang salah, siswa- siswa yang mempunyai masalah tidak bisa mengentaskan masalahnya sendiri, mereka membutuhkan sosok yang dapat membantu dalam pengentasan masalahnya. Apalagi dalam kasus siswa broken home pada remaja, dimana siswa berada dalam fase pencarian jati diri, dan siswa broken home berbeda dengan siswa lainnya, mereka memiliki masalah pribadi yang cukup serius, salah satunya kehilangan motivasi belajar. melalui layanan Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami broken home pada siswa kelas IX SMPN 1 Balongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  dengan instrumen pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di kelas IX sudah berjalan dengan baik. Teknik layanan yang diberikan adalah dengan individu,  kelompok dan home visit.

Published
2021-02-24
How to Cite
Iis Arifudin, & FELIA AGRIANI N.P.S. (2021). LAYANAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Balongan). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 16-22. Retrieved from https://counselia.faiunwir.ac.id/index.php/cs/article/view/11