Analisis Efektivitas Model Asesmen Pada Kurikulum PAI Abad 21

Authors

  • Emilda Yuli Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Novrima Ramadhani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Pamela Mutiah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurul Latifatul Inayati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.141

Keywords:

Asesmen, Kurikulum, PAI

Abstract

Dinamisasi pendidikan menjadi salah satu prioritas penting dalam menentukan sistem kurikulum yang tepat demi menunjang keberhasilan pembangunan bangsa. Dalam suatu pendidikan, asesmen dan pembelajaran tidak dapat terpisahkan, keduanya mempunyai keterlibatan satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas model asesmen yang digunakan pada kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) pada abad 21. Era dimana digitalisasi mulai mencakup pada setiap aspek kehidupan masyarakat, tak terkecuali dalam bidang pendidikan khususnya PAI. Adapun metode yang digunakan berupa studi literatur atau studi kepustakaan dari penelitian-penelitian terdahulu yang reliable dengan topik yang dibahas. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa model asesmen pembelajaran pada kurikulum pendidikan agama Islam menggunakan penilaian autentik, yang berfokus pada peserta didik. Hal ini sejalan dengan optimalisasi pembelajaran peserta didik sesuai kebutuhan peserta didik sebagaimana terintegrasikan di dalam kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Sari, E. Y. P. ., Ramadhani, N. ., Mutiah, P. ., & Inayati, N. L. . (2024). Analisis Efektivitas Model Asesmen Pada Kurikulum PAI Abad 21. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 285–293. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.141

Most read articles by the same author(s)