Perbedaan Kemandirian Belajar Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Model Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 1 Padang Pariaman

Authors

  • Nurhasnah Nurhasnah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Remiswal Remiswal Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Milya Sari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.143

Keywords:

Talking Stick, Ekspositori, Kemandirian Belajar, Fiqih

Abstract

Kemandirian dalam belajar pada dasarnya sudah dimiliki oleh peserta didik, namun demikian kemandirian dalam belajar sering mengalami penurunan, penurunan kemandirian belajar ini dipengaruhi oleh banyak faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Seperti kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan, pembelajaran masih fokus dengan model ekspositori, penugasan, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, kurangnya buku referensi, kurangnya fokus peserta didik dalam belajar, dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu dilakukan upaya perbaikan, dalam penelitian ini dicoba menerapkan model pembelajaran talking stick, tujuannya untuk mengetahui bagaimana perbandingan kemandirian belajar peserta didik yang belajar dengan menggunakan model talking stick dan ekspositori. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2022-2023 di kelas X MAN 1 Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Dari hasil penelitian didapatka bahwa rata-rata kemandirian belajar peserta didik kelas eksperimen 80 yang tergolong tinggi dan rata-rata kemandirian belajar peserta didik kelas kontrol adalah 67 yang tergolong sedang. Uji dalam penelitian ini digunakan uji T untuk melihat perbedaan kemandirian belajar peserta didik yang belajar dengan model talking stick dan ekspositori. Hasil penelitian ini, setelah melakukan uji T diperoleh bahwa kemandirian belajar peserta didik yang belajar menggunakan talking stick lebih tinggi dibandingkan yang belajar dengan menggunakan model ekspositori, diperoleh thitung > ttabel 4,746 > 2,032. Dengan demikian hasil penulisan ini menunjukkan adanya perbedaan kemandirian belajar peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan eksositori dalam pembelajaran fiqih. Model pembelajaran talking stick lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di MAN 1 Padang Pariaman.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Nurhasnah, N., Remiswal, R., & Sari, M. . (2024). Perbedaan Kemandirian Belajar Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Model Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 1 Padang Pariaman. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(2), 537–551. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.143