Hubungan antara Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Cara Penyampaian Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Dewi Ratnasari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.156

Keywords:

Motivasi, Belajar, Peserta Didik, Guru

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, karena peserta didik akan belajar dengan sungguh-sungguh apabila memiliki motivasi yang tinggi. Oleh karena itu meningkatkan kualitas pembelajaran, guru harus mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Kualitas guru dapat ditinjau dari dua segi, dari segi proses dan segi hasil. Dari segi proses guru dikatakan secara aktif apabila mampu melibatkan sebagian peserta didik secara aktif, fisik dan mental maupun sosial dalam pembelajaran. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengatahui Hubungan antara Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Cara Penyampaian Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengunaan metode deskriptif disebabkan karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan motivasi belajar peserta didik dengan cara penyampaian guru berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu dan bertujuan untuk mengurai sifat dan karaktristik dari suatu fenomena tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat hubungan antara motivasi belajar peserta didik dengan cara penyampaian guru di MTs Serpong Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji signifikasi. Besar presentase hubungan antara motivasi belajar peserta didik dengan cara penyampaian guru di MTs Serpong Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan sebesar 28,0%. Sisanya yaitu sebesar 72,0% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Ada hubungannya antara motivasi belajar peserta didik dengan cara penyampaian guru di MTs Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Dengan melihat tampilan grafik Histogram maupun grafik Normal P-Plot of Regression Standardized Residual dapat disimpulkan bahwa grafik Histogram memberikan pola distribusi yang normal.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Ratnasari, D. . (2024). Hubungan antara Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Cara Penyampaian Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(2), 610–628. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.156