PERANAN GURU BK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN E-KONSELING DI SMP NEGERI 2 JATIBARANG

Authors

  • Ibnudin Fauzan
  • Cahaya Purnama

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v1i2.21

Keywords:

Layanan BK, E-Konseling, Siswa

Abstract

Pada masa pandemi virus Covid-19 siswa SMP negeri 2 Jatibarang banyak mengalami kesulitan belajar, dintaranya karena tidak  memahami aplikasi digital pembelajaran maupun penerapannya, hal ini berujung siswa malas mengikuti pembelajaran sehingga berdampak buruk kepada keaktifan siswa dalam menempuh pendidikan. Guru BK memiliki peran dalam mengatasi kesulitan belajar Siswa, dan selama pandemi ini layanan  menggunakan E-Konseling.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK BK) yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan Bk/pembelajaran di Satuan Pendidikan dalam rangka upaya meningkatkan mutu lulusan/luaran. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan wawancara, Observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini guru BK memberikan layanan  melalui E-Konseling melalui aplikasi google meet. Faktor Pendukung adalah lebih efisien mengingat sedang pandemi, fleksibel dan hemat biaya serta waktu dan Faktor Penghambat adalah jaringan terkadang eror,quota terbatas, kurangnya pengawasan oaring tua dan menggangu kesehatan tubuh bila terlalu lama.

Downloads

Published

2021-08-24

How to Cite

Fauzan, I. ., & Purnama, C. (2021). PERANAN GURU BK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN E-KONSELING DI SMP NEGERI 2 JATIBARANG. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(2), 12–22. https://doi.org/10.31943/counselia.v1i2.21