Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon

Authors

  • Nanang Agus Mahrus UIN SSC (Siber Syekh Nurjati Cirebon)
  • Rahaja Raditiya UIN SSC (Siber Syekh Nurjati Cirebon)
  • Kambali Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.233

Keywords:

Pesantren, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Tasawuf

Abstract

Tasawuf, yang didefinisikan sebagai cara manusia berhubungan dengan Tuhannya, adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para cendekiawan Muslim. Para peneliti percaya bahwa semua orang harus mengetahuinya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis pembelajaran Tasawuf, metode, dan pendekatan. Penulis menggunakan metodologi penelitian lapangan Etnometodologi-kualitatif dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi atau kurikulum pembelajaran tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon menggunakan kitab-kitab kuning dari perspektif tasawuf, seperti "Aqidatul "Awam" dengan metode Jawab Soal Mu’taqod, Jawahirul Kalamiyyah, Tijanud Duroriy, Kifayatul "Awam dan Husunul Hamidiyah, Ihya' "Ulumiddin, dan kitab Al-Hikam.

Downloads

Published

2025-03-23

How to Cite

Nanang Agus Mahrus, Rahaja Raditiya, & Kambali. (2025). Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 18–28. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.233