Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.233Keywords:
Pesantren, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, TasawufAbstract
Tasawuf, yang didefinisikan sebagai cara manusia berhubungan dengan Tuhannya, adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para cendekiawan Muslim. Para peneliti percaya bahwa semua orang harus mengetahuinya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis pembelajaran Tasawuf, metode, dan pendekatan. Penulis menggunakan metodologi penelitian lapangan Etnometodologi-kualitatif dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi atau kurikulum pembelajaran tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon menggunakan kitab-kitab kuning dari perspektif tasawuf, seperti "Aqidatul "Awam" dengan metode Jawab Soal Mu’taqod, Jawahirul Kalamiyyah, Tijanud Duroriy, Kifayatul "Awam dan Husunul Hamidiyah, Ihya' "Ulumiddin, dan kitab Al-Hikam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanang Agus Mahrus, Rahaja Raditiya, Kambali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.