DAMPAK PSIKOLOGIS MAHASISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI (Studi Kasus Di Kampus FAI Unwir)

  • Nur Lailiyah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
Keywords: Mahasiswa, Perubahan Pola Belajar, Stres.

Abstract

Menyebarnya Covid-19 di seluruh penjuru dunia turut meruntuhkan ragam sendi-sendi kehidupan dari berbagai aspek, termasuk dalam pendidikan.  Perubahan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor pencetus perubahan psikologis salah satunya yaitu kecemasan. Kecemasan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, karena cenderung menghasilkan kebingungan dan kekeliruan persepsi. Cemas terjadi secara terus menerus menyebabkan stres dan depresi mahasiswa semakin bertambah dengan adannya pandemi Covid-19 dengan metode pembelajaran daring. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Sampel penelitian berjumlah 50 mahasiswa FAI dan BKPI. Tehnik sampling menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas masalah psikologis yang dialami mahasiswa dalam proses pembelajaran daring, yaitu stres. Tingkat stres akademik selama proses pembelajaran daring jika dilihat dari jenis kelamin perempuan 96% memiliki tingkat stres lebih tinggi dibandingkan laki-laki yaitu 93%.

Published
2021-08-24
How to Cite
Nur Lailiyah. (2021). DAMPAK PSIKOLOGIS MAHASISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI (Studi Kasus Di Kampus FAI Unwir). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(No.2), 53-62. Retrieved from https://counselia.faiunwir.ac.id/index.php/cs/article/view/26