Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self Control Pada Siswa SMP Al-Fitrah Indramayu

Authors

  • Tita Rizqiyah Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Unwir
  • Zaenudin Zaenudin Fakultas Agama Islam UNWIR Indramayu
  • Latifatul Masruroh Fakultas Agama Islam UNWIR Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.70

Keywords:

Layanan Bimbingan, Pemahaman Self Control

Abstract

Self Control merupakan aspek psikologi yang sangat penting dimiliki setiap manusia. Dengan memiliki self control yang baik diharapkan individu mampu berperilaku sesuai dengan norma dan etika yang berlaku dalam kehidupan khususnya didalam lingkungan sekolah. Adapun salah satu ciri individu yang memiliki self control yang baik yaitu mampu berperilaku sesuai dengan norma dan etika yang berlaku dan mampu mematuhi tata tertib yang berlaku di lingkungan sekolah. Dari hasil survey lapangan, peneliti tertarik mengambil judul penelitian tentang aspek self control yang berjudul “ Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self Control Pada Siswa SMP Al-Fitrah Pasekan Indramayu”. Dari judul tersebut dapat diambil rumusan masalah yaitu Pertama, Bagaimana Strategi melakukan  Layanan Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan pemahaman self control di SMP Al-Fitrah Pasekan Indramayu. Kedua, Bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman self control pada siswa SMP AL-Fitrah Pasekan Indramayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman self control  pada siswa dengan layanan bimbingan kelompok dengan harapan konsep self control tertanam pada diri siswa sehingga terciptanya lingkungan sekolah yang optimal.

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Rizqiyah, T. ., Zaenudin, Z., & Masruroh, L. . (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self Control Pada Siswa SMP Al-Fitrah Indramayu. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 68–74. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.70