Efektifitas Layanan Klasikal Menggunakan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMP NU Losarang
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.72Keywords:
Bimbingan Klasikal, Mind Mapping, Konsentrasi BelajarAbstract
Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya, salah satu tanda seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, atau sikapnya. Namun banyak siswa yang kekurangan Motivasi Belajar dikarenakan pengaruh lingkungan dan merasa bosan dengan media pembelajaran yang didapatkan. Dari realita di atas maka peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian tentang “Efektifitas Layanan Klasikal Menggunakan Media mind mapping Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMP NU Losarang”. Adapun rumusan masalahg pada penelitian ini. Pertama, bagaimana praktek bimbingan klasikal menggunakan media mind mapping untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP NU Losarang?. kedua, bagaimana efektifitas layanan klasikal menggunakan media mind mapping untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP NU Losarang?. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan klasikal menggunakan media mind mapping dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif model eksperimen dengan variabel independen (Bimbingan klasikal menggunakan media mind mapping) dan Variabel dependep (konsentrasi Belajar).Pada penelitian ini menggunakan populasi dari kelas VII SMP NU dengan sampel 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan instrumen skala sikap dan analisis data menggunakan Uji statistik T melalui software di program SPSS. Adapun penelitian ini menggunakan strategi the one group pretest-posttest design dan menunjukkan hasil sebelum diberikan layanan berada pada kategori sedang yaitu sebesar 88% (36 siswa) dan setelah diberikan layanan menunjukkan hasil 93% (38 siswa), hasil Uji T menunjukkan T hitung (-5,194) dan setelah dibandingkan dengan Uji T tabel (2,423). dengan ini dinyatakan tidak adanya pengaruh secara signifikan dari layanan bimbingan klasikal menggunakan media mind mapping untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, karena ada beberapa faktor dan kendala sehingga tidak adanya pengaruh dari layanan yang diberikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ismatul Lu’lu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.