Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Siswa: Analisis Konteks Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.177Keywords:
Lingkungan Sosial, Karakter Siswa, PendidikanAbstract
Karakter peserta didik dapat dibentuk melalui pendidikan agar menjadi lebih berpotensi dan berkualitas. Selain pendidikan, lingkungan sosial mempunyai peran yang cukup besar terhadap cara berperilaku siswa, karena karakter siswa banyak dipengaruhi oleh interaksi sosial disekitarnya. Setiap siswa berhak untuk mengembangkan potensinya, namun perkembangan setiap siswa berbeda, terkadang cepat dan terkadang sangat lambat. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji pembahasan ini lebih detail dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan metode kualitatif yaitu studi literatur yang relevan dengan pembahasan ini. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mencari tahu bagaimana lingkungan sosial mempengaruhi siswa untuk tumbuh sebagai manusia yang berperilaku baik. Lingkungan sosial terdiri atas: lingkungan keluarga, meliputi cara orang tua membesarkan dan mendidik anak dan suasana di rumah; lingkungan sekolah yang meliputi hubungan antara guru dan siswa, dan hubungan siswa dengan siswa; dan lingkungan sosial, yang terdiri atas kehidupan masyarakat dan kalangan pergaulan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Azizah Putri, Hikmatul Fadilah Nasution, Nova Ramadhani, Rosita Dongoran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.