Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Siswa: Analisis Konteks Pendidikan

Authors

  • Nur Azizah Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hikmatul Fadilah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nova Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rosita Dongoran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.177

Keywords:

Lingkungan Sosial, Karakter Siswa, Pendidikan

Abstract

Karakter peserta didik dapat dibentuk melalui pendidikan agar menjadi lebih berpotensi dan berkualitas. Selain pendidikan, lingkungan sosial mempunyai peran yang cukup besar terhadap cara berperilaku siswa, karena karakter siswa banyak dipengaruhi oleh interaksi sosial disekitarnya. Setiap siswa berhak untuk mengembangkan potensinya, namun perkembangan setiap siswa berbeda, terkadang cepat dan terkadang sangat lambat. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji pembahasan ini lebih detail dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan metode kualitatif yaitu studi literatur yang relevan dengan pembahasan ini. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mencari tahu bagaimana lingkungan sosial mempengaruhi siswa untuk tumbuh sebagai manusia yang berperilaku baik. Lingkungan sosial terdiri atas: lingkungan keluarga, meliputi cara orang tua membesarkan dan mendidik anak dan suasana di rumah; lingkungan sekolah yang meliputi hubungan antara guru dan siswa, dan hubungan siswa dengan siswa; dan lingkungan sosial, yang terdiri atas kehidupan masyarakat dan kalangan pergaulan.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Nur Azizah Putri, Hikmatul Fadilah Nasution, Nova Ramadhani, & Rosita Dongoran. (2025). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Siswa: Analisis Konteks Pendidikan. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 195–204. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.177