Peran Guru Sebagai Model Sosial dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Ismi Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zakiah Mardiah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rozi Sakhbana Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rosita Dongoran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.178

Keywords:

Guru, Model Sosial, Peserta Didik

Abstract

Guru merupakan seseorang yang memiliki peran dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik baik di bidang pengetahuan maupun keterampilan. Akan tetapi, peran tersebut bukanlah menjadi satu-satunya peran yang harus diimplementasikan oleh seorang guru, melainkan terdapat pula peran guru yang tidak kalah penting yaitu menjadi model sosial bagi peserta didiknya. Pentingnya peranan guru sebagai model sosial tersebutlah yang menuntun peneliti untuk membahas kajian ini menggunakan metode kulitatif. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif, di mana metode yang digunakan adalah menganalisis kajian studi pustaka dengan sumber yang relevan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai model sosial dalam pembentukan karakter peserta didik. Maka temuan penelitian ini adalah bahwa dengan guru menjadi model sosial mampu meningkatkan pembentukan karakter bagi peserta didiknya.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Ismi Khairani, Zakiah Mardiah Nasution, Rozi Sakhbana Hasibuan, & Rosita Dongoran. (2025). Peran Guru Sebagai Model Sosial dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 205–215. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.178