Peran Guru Sebagai Model Sosial dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.178Keywords:
Guru, Model Sosial, Peserta DidikAbstract
Guru merupakan seseorang yang memiliki peran dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik baik di bidang pengetahuan maupun keterampilan. Akan tetapi, peran tersebut bukanlah menjadi satu-satunya peran yang harus diimplementasikan oleh seorang guru, melainkan terdapat pula peran guru yang tidak kalah penting yaitu menjadi model sosial bagi peserta didiknya. Pentingnya peranan guru sebagai model sosial tersebutlah yang menuntun peneliti untuk membahas kajian ini menggunakan metode kulitatif. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif, di mana metode yang digunakan adalah menganalisis kajian studi pustaka dengan sumber yang relevan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai model sosial dalam pembentukan karakter peserta didik. Maka temuan penelitian ini adalah bahwa dengan guru menjadi model sosial mampu meningkatkan pembentukan karakter bagi peserta didiknya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ismi Khairani, Zakiah Mardiah Nasution, Rozi Sakhbana Hasibuan, Rosita Dongoran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.