Urgensi dan Kedudukan Bimbingan Konseling (BK) di Sekolah

Authors

  • Khoiriatus Sa'adah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tri Wulandari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Gusman Lesmana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.186

Keywords:

Urgensi, Kedudukan, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Bimbingan dan konseling di sekolah merupakan aspek integral dalam sistem pendidikan, membantu siswa mengatasi masalah akademik dan personal, serta mendukung pengembangan holistik mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan untuk mendalami fenomena sosial tersebut. Layanan bimbingan dan konseling penting karena memberikan dukungan holistik, pengembangan keterampilan sosial dan emosional, panduan karier, dan pencegahan masalah sosial dan perilaku. Konselor sekolah berperan dalam membantu siswa memahami minat, bakat, dan tujuan karir mereka. Kedudukan bimbingan dan konseling di sekolah penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung bagi semua siswa. Namun, masih ada tantangan terkait ketersediaan layanan di beberapa sekolah. Oleh karena itu, investasi dalam bimbingan dan konseling di sekolah sangat diperlukan untuk kesuksesan siswa secara holistik.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Khoiriatus Sa’adah, Tri Wulandari, & Gusman Lesmana. (2025). Urgensi dan Kedudukan Bimbingan Konseling (BK) di Sekolah. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 237–244. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.186