Peran Bimbingan Konseling dalam Pengembangan Potensi Siswa

Authors

  • Nadiya Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Chairun Nisa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Gusman Lesmana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.193

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Potensi, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran bimbingan dan konseling dalam pengembangan potensi siswa di lingkungan pendidikan. Melalui metode tinjauan literatur yang dilakukan terhadap sejumlah penelitian dan artikel yang relevan dengan topik ini dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan laporan penelitian. Analisis terhadap literatur menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling memiliki peran yang penting dalam membantu siswa mengenali, mengembangkan, dan memanfaatkan potensi mereka secara optimal. Strategi-strategi konseling, seperti konseling individu, konseling kelompok, serta program pengembangan diri dan karir, telah terbukti efektif dalam memfasilitasi proses pengembangan potensi siswa. Selain itu, literatur juga menyoroti pentingnya hubungan antara konselor dan siswa dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan pribadi siswa. Implikasi praktis dari tinjauan literatur ini mencakup perlunya penguatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah, pelatihan yang lebih baik bagi para konselor, serta integrasi strategi konseling yang inovatif dalam kurikulum pendidikan. Dengan demikian, tinjauan literatur ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran bimbingan dan konseling dalam pengembangan potensi siswa dan memberikan dasar bagi penelitian lebih lanjut di masa depan.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Nadiya Nurhasanah, Chairun Nisa, & Gusman Lesmana. (2025). Peran Bimbingan Konseling dalam Pengembangan Potensi Siswa. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 267–274. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.193