Memerangi Depresi pada Remaja Melalui Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.196Keywords:
REBT, Riset, TinjauanAbstract
Artikel ini menyajikan sinopsis terapi perilaku rasional-emotif (REBT, kerangka teori dasar, penerapannya, dan arah masa depan. Makalah ini disusun menurut struktur berikut: pada bagian pertama, dibahas penelitian fundamental/dasar REBT; pada bagian kedua disajikan penelitian klinis/terapan dalam REBT, termasuk aspek kemanjuran dan efektivitas, diskriminasi gangguan yang mana REBT bekerja paling efektif, dan hubungannya dengan terapi lain. Penggunaan dan penyalahgunaan REBT serta dampaknya terhadap penelitian dan pengembangan di masa depan juga disajikan. Meskipun benar bahwa penelitian REBT mempunyai banyak kekurangan, namun generalisasi dan/atau pembesaran hal-hal negatif yang berlebihan, dan minimalisasi hal-hal positif merupakan keyakinan disfungsional yang mempertahankan gagasan yang salah di lapangan bahwa REBT hanya memiliki sedikit penelitian empiris dan bahwa penelitian REBT tidak ada gunanya. dalam masalah serius. Pendekatan yang seimbang, menganalisis kekuatan dan kelemahan, menunjukkan bahwa REBT memiliki ratusan artikel penelitian dan penelitian berkualitas tinggi cenderung mendukung teori dasar dan kemanjuran REBT. Namun, untuk memperkuat kesimpulan ini dan untuk sepenuhnya mengeksplorasi potensi REBT, kekurangan penelitian REBT perlu diperbaiki, dan penelitian berkualitas tinggi perlu dipromosikan. Hal ini sangat penting karena, meskipun efektif, terapi psikogenik-perilaku belum mencapai “standar yang diinginkan” dalam hal kemanjuran dan efektivitas, karena sekitar 30-40% orang masih tidak responsif terhadap terapi ini. Intervensi Dengan demikian, REBT dapat menjadi platform untuk menghidupkan kembali studi empiris tentang kemanjuran/efektivitas dan teori model kognitif-perilaku psikopatologi dan fungsi manusia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avira Heriani, Netrawati, Zadrian Ardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.