Analisis Studi dan Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Kasus tentang Kegiatan di Luar Kuliah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Semester II FKIP-UNWIR Indramayu Tahun 2024)

Authors

  • Nasir Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.227

Keywords:

Studi, Kewirausahaan, Mahasiswa

Abstract

Masa dewasa awal merupakan masa transisi dari masa remaja yang masih menjalani kehidupan yang hura-hura menuju masa yang menuntut akan rasa tanggung jawab. Perkembangan masa dewasa awal dimulai saat seseorang menginjak pada umur 19 tahun sampai 25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa semester II Program Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unwir tahun 2024 antara lain : 1. Sebagian besar mahasiswa melakukan kuliah sambil berbisnis atau bekerja (membantu orang tua berdagang dan sawah, jualan kuota, bekerja, dan mengajar les private english). Sebagian kecil melakukan kuliah sambil mengikuti kegiatan UKM kampus, pramuka, teater, paduan suara kampus, dan ESA;  2. Sebagian besar mahasiswa merespon bahwa kegiatan kuliah sambil berbisnis adalah dianggap sangat penting  dengan alasan membantu orang tua sebagai suatu kewajiban, menambah uang jajan, sumber nafkah, mengganti peran orang tua, dengan bekerja bisa kuliah, dan ladang pahala. Sebagian kecil menganggap penting kuliah sambil mengikuti kegiatan kampus untuk  menambah wawasan dan pengalaman, mengisi waktu luang, menambah relasi atau teman, mengembangkan rasa penasaran dan minat, dan menumbuhkan sikap kepemimpinan; 3. Secara umum, mahasiswa tidak banyak mengalami kesulitan dalam memenej waktu kuliah sambil bisnis, dengan alasan  mereka mampu membuat jadwal, memprioritaskan tugas, dan menetapkan tujuan yang jelas, menyelesaikan tugas yang paling penting, memprioritaskan kuliah, memprioritaskan kerja, dan mendisiplinkan diri; dan 4. Secara umum, walaupun mereka mampu memenej kuliah sambil bisnis atau kerja, namun masih tetap menemukan kesulitan jika dihadapkan pada skala prioritas jika bentrok waktu, kelelahan mental dan fisik, tugas yang tertunda, rasa malas datang, jarak antara rumah dan kampus,  saat kegiatan kampus di hari weekend, dan bentrok dengan jadual pekerjaan. Kesimpulan, secara umum mahasiswa menganggap sangat penting kuliah sambil bisnis atau bekerja karena sebagai sumber nafkah dan dengan bisnis atau bekerja bisa kuliah.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Nasir. (2024). Analisis Studi dan Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Kasus tentang Kegiatan di Luar Kuliah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Semester II FKIP-UNWIR Indramayu Tahun 2024). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(2), 307–318. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.227