Hubungan Antara Tingkat Kematangan Emosi dengan Prokrastinasi Akademik Siswa MA Al-Mu’minien Lohbener Indramayu

Authors

  • Siti Laylul Faujiyah Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.247

Keywords:

Kematangan Emosi, Prokrastinasi Akademik, Siswa

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui tingkat dan hubungan anatra kematangan emosi dengan prokrastinasi akademik MA Al-Mu’minien Lohbener, Indramayu. Metode penelitian kuantitatif korelasi merupakan penelitian yang dimaksudkan hubungan antara dua dan beberapa variable. Metode yang di gunakan statistik deskriptif, berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang di telitih melalui data sempel atau populasi. Hasil penelitian menunjukan: 1). Tingkat kematanga emosi dengan prokrastinasi siswa MA Al-mu’minien lohbener indramayu, tingkat kematngan emosi kategori tinggi, sedang, rendah, berjumlah 63 (48,1%), 68 (51,9%), dan 0 (0%) sedangkan tingat prokrastinasi akademik kategori tinggi, sedang, dan rendah, berjumlah 31(23,7%), 97 (74,0%) dan 3 (23%), Hubungan Kematangan Emosi dengan Prokrastinasi Kkademik siswa MA Al-mu’minien lohbener indramayu. signifikan adalah sebesar 0,232 dan 0,066 yang artinya lebih besar dari 0,05 dan apabila probabilitas > dari 0,05 maka H0 akan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kematangan emosi dan prokrastinasi berdistribusi Normal.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Siti Laylul Faujiyah, Ibnu Rusydi, & Didik Himmawan. (2025). Hubungan Antara Tingkat Kematangan Emosi dengan Prokrastinasi Akademik Siswa MA Al-Mu’minien Lohbener Indramayu. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 122–130. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.247

Most read articles by the same author(s)