PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2021/2022

Volume 3 No 2 Juli 2022

Authors

  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Latifatul Masruroh Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Maulida Khofifah Azzen Mahasiswa BKPI Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.40

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Keterampilan Komunikasi Interpersonal, Siswa SMP.

Abstract

Komunikasi tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran, karena proses pembelajaran terjadi akibat adanya komunikasi, baik itu yang bersifat intrapersonal seperti berpikir, mengingat, serta melakukan persepsi melalui proses penyaluran informasi kepada orang lain, maka dari itu komunikasi sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan terkait layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif model eksperimen dengan variabel bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini menggunakan populasi dari kelas VIII OSIS dengan sampel 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrument skala sikap dan analisis menggunakan ANOVA satu jalur melalui software di program SPSS. Adapun kesimpulan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan strategi the one group pretest-posttest design dan menunjukkan hasil pada kategori sedang yaitu sebesar 94% (28 siswa), maka tidak adanya pengaruh secara signifikan dari layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa karena ada beberapa faktor dan kendala yang mempengaruhi.

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Ibnu Rusydi, Latifatul Masruroh, & Maulida Khofifah Azzen. (2022). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2021/2022: Volume 3 No 2 Juli 2022. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 41–51. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.40