Hubungan Teman Sebaya Teradap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sindang Indramayu Tahun Akademik 2023/2024

Authors

  • Darniti Universitas Wiralodra Indramayu
  • Latifatul Masruroh Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.317

Keywords:

Hubungan, Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keterhubungan antara Pergaulan Teman Sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sindang Indramayu. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 20 Mei hingga 24 Mei 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Lokasi penelitian ini adalah di SMK Negeri 1 Sindang Indramayu. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, dengan Populasi dalam penelitian ini sebesar 137 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa terdiri dari 4 kelas yang berbeda. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada sampel dengan menggunakan mode sekala Likert. Berdasarkan hasil pengujian dan perhitungan diatas, Dapat disimpulkan bahwa hubungan motivasi belajar terhadap interaksi teman sebaya pada siswa diperoleh nilai thitung = 0,438 > ttabel = 0,258 dan sig = 0,001 < 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti variabel pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sindang Indramayu memiliki keterhubungan.

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Darniti, Latifatul Masruroh, & Rusydi. (2025). Hubungan Teman Sebaya Teradap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sindang Indramayu Tahun Akademik 2023/2024. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 57–61. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.317

Most read articles by the same author(s)