Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi Akademik Siswa MA Al Mu’minien Lohbener

Authors

  • Muhamad Ikhwanaropiq Universitas Wiralodra Indramayu
  • Akhmad Mujani Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Nurlaeliyah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.318

Keywords:

Kecerdasan Spiritual, Resiliensi, Siswa

Abstract

Resiliensi akademik mempunyai peran penting bagi siswa, dalam menentukan gaya berfikir dan keberhasilan siswa dalam hidupnya, termasuk keberhasilan dalam belajar di sekolah Siswa MA berada pada masa remaja, masa ketika individu dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapat pelatihan kerja tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan spiritual dan resiliensi akademik siswa MA Al Mu’minien Lohbener, serta hubungan antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa MA Al Mu’minien Lohbener. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus solvin yang menghasilkan Jumlah sampel yang digunakan ada 17 siswa. Instrumen yang digunakan ialah mengadopsi dari Etika Meiranti dalam penelitiannya. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa memperoleh nilai signifikan 0,01 dan R hitung 0,751, yang artinya terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa MA Al Mu’minien Lohbener.

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Muhamad Ikhwanaropiq, Akhmad Mujani, & Nurlaeliyah. (2025). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi Akademik Siswa MA Al Mu’minien Lohbener. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 82–87. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.318