Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi Akademik Siswa MA Al Mu’minien Lohbener
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.318Keywords:
Kecerdasan Spiritual, Resiliensi, SiswaAbstract
Resiliensi akademik mempunyai peran penting bagi siswa, dalam menentukan gaya berfikir dan keberhasilan siswa dalam hidupnya, termasuk keberhasilan dalam belajar di sekolah Siswa MA berada pada masa remaja, masa ketika individu dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapat pelatihan kerja tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan spiritual dan resiliensi akademik siswa MA Al Mu’minien Lohbener, serta hubungan antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa MA Al Mu’minien Lohbener. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus solvin yang menghasilkan Jumlah sampel yang digunakan ada 17 siswa. Instrumen yang digunakan ialah mengadopsi dari Etika Meiranti dalam penelitiannya. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa memperoleh nilai signifikan 0,01 dan R hitung 0,751, yang artinya terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa MA Al Mu’minien Lohbener.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Ikhwanaropiq, Akhmad Mujani, Nurlaeliyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.