Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas XI Di MAN 3 Indramayu

Authors

  • Sofiliah Nur Alfianti Universitas Wiralodra Indramayu
  • Evi Aeni Rufaedah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Akhmad Mujani Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.319

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan, Siswa

Abstract

Dalam kehidupan manusia mengendalikan emosi merupakan suatu hal yang diperlukan. Tidak hanya emosi dalam diri sendiri melainkan emosi orang lain juga harus bisa dikendalikan. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti aturan yang sudah ada atau sudah ditetapkan, dengan demikian perilaku disiplin dalam diri akan tumbuh dan menciptakan batasan pada diri untuk tidak melakukan suatu tindakan yang tidak sesuai dengan aturan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN 3 Indramayu dan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan sampel yang berjumlah 46 responden, teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan analisis yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil data dari uji normalitas menunjuan adanya hubungan signifikan antara dua variable kecerdasan emosional dengan kedisiplinan. Berdasarkan data diatas, diketahui bahwa nilai signifikannya adalah sebesar 0,054 dan 0,200 yang artinya lebih besar dari 0,05 dan apabila probabilitas dari 0,05 maka H0 akan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan adalah Normal. Adapun data dari hasil analisis korelasi pearson yang memberikan hasil Sig.(2-tailed) pada variabel (X) adalah 0,049 dimana angka tersebut 0,05 dan dapat diartikan bahwa variabel (X) memiliki hubungan signifikan pada variabel (Y). Dan nilai Pearson Correlation yang positif menunjukan bahwa arah kedua variabel adalah linear atau searah. Dan dilihat dari signifikan data tersebut maka disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kecerdasan emosional variabel (X) dan kedisiplinan variabel (Y).

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Sofiliah Nur Alfianti, Evi Aeni Rufaedah, & Akhmad Mujani. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas XI Di MAN 3 Indramayu. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 108–114. https://doi.org/10.31943/counselia.v6i1.319

Most read articles by the same author(s)