Transformasi Sosial dan Teknologi di Pendidikan: Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Siswa

Authors

  • Meezy Indriyansyah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Firman Firman Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Maizatul Mardiana Harun Universiti Putra Malaysia, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.148

Keywords:

Media Sosial, Pembelajaran, Pedagogi, Siswa

Abstract

Kemajuan pesat teknologi memberikan berbagai macam keuntungan dan manfaat. Keterbukaan dan akses mudah menuju informasi ternyata memberikan peluang menjadikan teknologi sebagai media pembelajaran yang produktif. Pandangan skeptis dan tradisional pendidik terkadang menghambat pemanfaatn maksimal dari transformasi sosial dan teknologi di dalam pembelajaran dan pengajaran. Tujuan dari studi liteartur ini adalah menggambarkan bahwa pemanfaatanmedia sosial dalam proses pembelajaran siswa. Metode dalam studi ini adalah studi/tinjauan literature. Studi literature akan mengakses publikasi dan tulisan yang memiliki kaitan dengan topic yaitu penggunaan media sosial dalam pembelajaran dan model teori yang mendukung pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran. Hasil studi literature ini mendapatkan bahwa penggunaan media sosial dimanfaatkan dalam pedagodis pembelajaran, Facebook, Whatsapp, Twitter dan Tiktok merupakan media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran, teori konstrukvis sosial dan penerimaan teknologi merupakan pendekatan teori yang digunakan dalam pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran. Pentingnya untuk mengelaborasi dan optimaliasi penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran merupakan peluang untuk memperkuat proses pembelajaran pedagogis yang lebih peka terhadap perubahan dan trend.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Indriyansyah, M. ., Firman, F., & Harun, M. M. . (2024). Transformasi Sosial dan Teknologi di Pendidikan: Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Siswa. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(2), 563–572. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.148

Most read articles by the same author(s)