Bimbingan Kelompok Pendekatan Cogniteve Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Bibliotherapy Dalam Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat

Authors

  • Feni Listari Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Firman Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Netrawati Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mohd Nazri Abdul Rahman University Malaya, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.133

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Bibliotherapy, Perilaku Seksual

Abstract

Sehat secara fisik, psikologis, dan sosial, merupakan tujuan dari pendidikan di sekolah maupun dirumah agar remaja kita Sehat secara psikologis, yaitu mempunyai integrasi yang kuat antara nilai, sikap dan perilaku, memiliki pengetahuan atau informasi yang benar tentang seksualitas manusia, tidak terjadi pemaksaan seksual dan tekanan seksual. Dan sehat secara sosial, adalah perilaku seksual yang dapat diterima oleh masyarakat umum, tidak melanggar norma-norma masyarakat, mampu mempertahankan diri dari tekanan teman atau pacar yang mengarah pada perilaku seksual tidak sehat. Dari beberapa pendekatan dan teknik konseling. Pendekatan CBT dengan Teknik Bibliotrherapy merupakan salah satu intervensi yang jelas dan mudah untuk diakses dalam mengembangkan perilaku seksual sehat, hal ini di dukung dengan perkembangan terbaru, bibliotherapy lebih focus kepada meningkatkan keterampilan sosial, perilaku yang positif dan efektif, serta meningkatkan kemampuan remaja untuk mengatasi masalahnya. Sebagai salah satu teknik yang berasal dari cognitive behavior therapy, bibliotherapy melibatkan berbagai metode dalam prosesnya. Metode yang dimaksud adalah membaca buku, mendengarkan dan menonton film. Metode yang disajikan berkaitan dengan bagaimana remaja dapat mengembangkan perilaku seksual sehat.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Feni Listari, Firman, Netrawati, & Mohd Nazri Abdul Rahman. (2024). Bimbingan Kelompok Pendekatan Cogniteve Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Bibliotherapy Dalam Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(2), 460–476. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.133

Most read articles by the same author(s)