Hubungan Self-Management dengan Burnout Akademik Siswa dalam Pembelajaran di Era New Normal

Authors

  • Alivia Rahmawati Universitas Negeri Padang
  • Firman Firman Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.157

Keywords:

Self-Management, Burnout Akademik, Era New Normal

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang merasa bosan dan jenuh dengan sistem pembelajaran yang diberlakukan saat ini yaitu pembelajaran peralihan yang disesuaikan dengan protokol covid-19 yang disebut era new normal. Salah satu faktor yang memengaruhi burnout akademik adalah self-management. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional. Penelitian ini menggunakan populasi siswa SMAS Adabiah Padang sebanyak 786 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 266 siswa yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, korelasional Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara self-management dengan burnout akademik siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,658 dan signifikansi 0,000.  Implikasi hasil penelitian terhadap BK yaitu dengan memberikan layanan informasi, layanan konseling kelompok dan layanan bimbingan kelompok.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Rahmawati, A. ., & Firman, F. (2024). Hubungan Self-Management dengan Burnout Akademik Siswa dalam Pembelajaran di Era New Normal. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.157